Mutu Beton Pancang

MUTU BETON PANCANG

Ada berbagai jenis dan spesifikasi tiang yang memiliki mutu pancang dan juga bernilai tinggi dalam konstruksi bangunan. Sebagai orang awam, tentu Anda perlu memahami apa saja keunggulan dan juga mutu dari tiang pancang dari beton ini. Jasapancang.id akan membahasnya kali ini.

Apa Itu Tiang Pancang Beton?

Tiang pancang beton yaitu merupakan jenis pondasi yang cukup umum dan sering kita pakai untuk proyek konstruksi bangunan. Karena sesuai dengan namanya, bahan dasar utama dari tiang ini terbuat dari beton yang di cor pada sebuah tempat.

Jenis tiang ini memiliki berbagai macam bentuk yang berbeda mulai dari persegi panjang, silinder, kotak, hingga segitiga. Beberapa pabrik biasanya memproduksi pancang beton secara langsung agar mudah di gunakan untuk pembangunan gedung maupun hunian.

mutu pancang

Baca Juga: Cara Menghitung Kebutuhan Tiang Pancang.

Jenis Pancang Beton Berdasar Bentuk

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, tiang ini memiliki berbagai macam bentuk dengan kegunaan yang berbeda. Secara umum, jenis atau spesifikasi tiang pancang beton memiliki 3 bentuk, beberapa contohnya adalah sebagai berikut.

1. Mini Pile

  • Mini Pile yaitu merupakan jenis tiang pancang yang kita gunakan sebagai penyangga pondasi pada suatu bangunan rendah. Beberapa contohnya dari bangunan yang bisa menggunakan pancang beton ini adalah jembatan, dolken, dermaga, dan lain sebagainya.
  • Bentuk Mini Pile memiliki penampang kotak dan segitiga dengan berbagai ukuran mulai dari 0,2 x 0,2 m hingga 0,4 x 04 m. Umumnya panjang dari ukurang tiang pondasi ini sangat bervariasi mulai dari 3 – 9 meter yang dapat kita sambung dengan plat besi telah di las.

2. Maxi Pile

  • Jenis tiang Maxi Pile merupakan tipe pancang beton yang memiliki ukuran besar untuk menahan beban hingga sangat berat. Mutu beton pancang pada jenis tiang ini banyak kita manfaatkan untuk pondasi bangunan bertingkat atau juga memiliki lapisan tanah yang tidak stabil.
  • Tiang ini mempunyai ukuran 50 x 50 untuk menyangga beban dengan berat hingga mencapai 500 meter. Sedangkan panjang ukuran pada ting ini berkisar mulai dari 3 – 12 meter.

3. Triangular Piles

  • Triangular Piles yaitu jenis tiang pancang yang memiliki bentuk segitiga dan ukuran yang panjang. Pemilihan jenis pancang ini harus benar – benar anda sesuaikan dengan kebutuhan agar mampu menopang beban bangunan dengan baik.
  • Bentuk dari jenis pancang ini juga memiliki kepadatan beton yang cukup tinggi. Oleh sebab itu, perlu memperhatikan apakah tingkat kepadatan beton ini sudah benar – benar matang.
kualitas pancang beton

4. Spun Pile

  • Tiang Pancang Spun Pile atau kita sebut dengan tiang pancang bulat merupakan jenis pancang yang paling modern dan juga banyak kita gunakan sebagai tiang pondasi atau paku bumi. Pancang beton ini banyak kita gunakan di berbagai proyek besar infrastruktur karena mampu menahan beban operasional dalam jangka waktu panjang.
  • Jenis pancang Spun Pile memiliki bentuk tampilan tiang yang juga terdapat lubang di tengahnya. Tiang ini bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan tekanan aksial sehingga bisa terfokus pada selimut beton yang melingkari tiang.¬†

5. Square Piles

  • Jenis pancang beton ini merupakan tiang paling tua namun yang banyak kita gunakan dalam berbagai proyek konstruksi di seluruh dunia. Bentuk tampilannya yaitu kotak persegi dengan dimensi berukuran 25 x 25 atau 20 x 20.
  • Ukuran tiang ini sangat besar sehingga luas penampangnya selalu sama untuk panjang tiang secara keseluruhan. Square Piles memiliki kapasitas beban yang cukup tinggi sehingga daya tahan lebih lama jika anda bandingkan dengan jenis lainnya.

Spesifikasi Mutu Pancang Beton

Untuk mengetahui mutu beton pancang, berikut dapat Anda lihat melalui spesifikasi tiang pancang yang ada di pasaran dan biasa kita gunakan.

No.Jenis Tiang PancangSpesifikasi
1.Mini PileUkuran: 28 x 28 x 28 cm
Tulangan Besi Ulir: 10/13 mm
Panjang:3.000 mm dan 6.000 mm
Mutu Beton:K – 450
Ukuran: 32 x 32 x 32 cm
Tulangan Besi Ulir: 13 mm
Panjang:3.000 mm dan 6.000 mm
Mutu Beton:K – 450
Ukuran: 20 x 20cm
Tulangan Besi Ulir: 10/13 mm
Panjang:3.000 mm dan 6.000 mm
Mutu Beton:K – 450
Ukuran: 25×25 cm
Tulangan Besi Ulir: 10/13 mm
Panjang:3.000 mm dan 6.000 mm
2.Maxi PileUkuran: Square Pile 30 x 30 cm (Prestressed Concrete)
Square Pile 35 x 35 cm (Prestressed Concrete)
Square Pile 40 x 40 cm (Prestressed Concrete)
Square Pile 45 x 45 cm (Prestressed Concrete)

Kelebihan Tiang Pancang

Tiang pancang memang memiliki beberapa jenis penggunaan material yang berbeda dari beton, kayu, baja, dan sebagainya. Selain itu masing – masing jenis pancang ini tentu memiliki keunggulannya masing – masing.

Adapun mengapa tiang pancang beton paling banyak menjadi pilihan untuk kebutuhan konstruksi karena memiliki berbagai kelebihan seperti contohnya berikut ini.

  1. Instalasi Mudah: Kelebihan pertama dan utama dari penggunaan pancang beton adalah tidak memerlukan galian yang besar. Sehingga, proses pemasangan pondasi sangat mudah anda lakukan dan tidak memakan waktu yang cukup banyak.
  2. Bahan Material Berkualitas: Kelebihan kedua, material untuk membuat tiang pancang ini terbuat dari beton yang di cor dengan bahan – bahan berkualitas. Penggunaan material ini tentu akan mempengaruhi kualitas bangunan dalam jangka panjang.
  3. Daya Beban Kuat: Karena menggunakan material berkualitas, tentu pancang beton ini bisa menopang daya beban yang sangat berat pada suatu bangunan. Terlebih ada berbagai jenis tiang yang bisa anda pilih sesuai kebutuhan konstruksi bangunan agar tidak menimbulkan kerusakan.
  4. Tahan Lama: Kelebihan material dari tiang pancang ini juga bisa berpengaruh untuk jangka panjang karena sifat bangunannya yang kuat dan kokoh. Hal ini karena proses pembuatan tiang pancang sangat detail dan padat.
mutu beton pancang

Silahkan hubungi kami bila Anda membutuhkan layanan jasa pancang.

Demikian penjelasan mengenai jenis Рjenis dan juga macam tiang pancang untuk mengetahui mutu beton pancang yang berkualitas. Karena dengan begitu, Anda akan lebih mudah memilih jenis pondasi apa yang sesuai untuk kebutuhan konstruksi bangunan. Sehingga pemilihan tiang yang tepat dapat mewujudkan hasil bangunan yang kokoh dan tahan lama. (Ditulis oleh jasapancang.id).

Scroll to Top